Minggu, 05 Agustus 2012

KEPEMIMPINAN

Al Ustadz Muslim Abu Ishaq Al-AtsariRasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menasehatkan kepada Abdurrahman bin Samurah
 
 :يَا عَبْدَ الرَّحْمنِ بن سَمُرَةَ لاَ تَسْألِ الإِمَارَةَ فَإِنَّكَ إِنْ أُعْطِيْتَها عَنْ غَيْرِ مَسْأَلَةٍ أُعِنْتَ عَلَيْهَا وَ إِنْ أُعْطِيْتَهَا عَنْ مَسْأََلَةٍ وُكِلْتَ إِلَيْها"
 
Wahai Abdurrahman bin Samurah janganlah engkau meminta kepemimpinan. Karena jika engkau diberi tanpa memintanya niscaya engkau akan ditolong {oleh Allah dgn diberi taufik kepada kebenaran}. Namun jika diserahkan kepadamu krn permintaanmu niscaya akan dibebankan kepadamu ."Hadits ini diriwayatkan Al-Imam Al-Bukhari dalam Shahih-nya no. 7146 dgn judul "Siapa yg tidak meminta jabatan Allah akan menolongnya dalam menjalankan tugasnya" dan no. 7147 dengan judul "Siapa yg minta jabatan akan diserahkan padanya {dengan tidak mendapat pertolongan dari Allah dalam menunaikan tugasnya}".Diriwayatkan pula oleh Al-Imam Muslim dalam Shahih-nya no. 1652 yg diberi judul oleh Al- Imam An-Nawawi "Bab Larangan meminta jabatan dan berambisi utk mendapatkannya".Masih berkaitan dgn permasalahan diatas juga didapatkan riwayat dari Abu Dzar Al-Ghifari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar